Tags

, , , ,

Syarat-syarat menjadi Presiden di Indonesia terlalu banyak. Menurut saya tidak perlulah sebanyak itu, cukup 3 – 5 syarat saja tapi yang benar-benar relevan.

Sekarang coba pikirkan apa saja yang dibutuhkan dari seseorang supaya dianggap layak dan pantas untuk memimpin negeri ini? Kalau dari saya cukup 3 saja: jujur, berani dan cerdas. Selain dari ketiga hal tersebut anggap saja bonus!

Syarat jujur sudah barang tentu adalah syarat yang paling mutlak yang harus dipenuhi. Tidak perlu kaya, apalagi miskin, yang penting jujur! Dengan kejujuran, seorang pemimpin akan amanah dalam menjalankan tugas, jauh dari korupsi dan terbuka terhadap rakyatnya. Presiden itu haruslah orang yang paling bisa dipegang kata-katanya di negeri ini.

Seorang pemimpin juga harus berani. Orang yang seharusnya paling berani di negeri ini adalah Presiden. Tentunya keberanian yang dibutuhkan adalah keberanian dalam memperjuangkan dan membela yang benar dan membasmi yang mungkar. Seorang pemberani itu harus bisa menaklukan segala macam rasa takut. Begitu juga Presiden, harusnya tak perlu takut mengambil keputusan apapun asal itu demi kepentingan rakyat. Presiden juga tak perlu takut terhadap DPR, lawan politik, penyokong dana pemilu, negara tetangga, koruptor, teroris dan yang paling penting lagi: tak perlu takut terhadap istri (atau suami) sendiri! 

Seorang pemimpin harus cerdas. Kalau tidak cerdas, tidak usah coba-coba jadi Presiden. Syarat cerdas tidak perlu dibuktikan dengan ijazah, melainkan dengan bukti tindakan dan pemikiran. Permasalahan bangsa ini sudah sedemikian banyak, kalau pemimpinnya lemot, bisa bubar negara ini. Presiden itu harus bisa berpikir cepat dan taktis, sekaligus berpikir besar dan strategis. Presiden harus selalu tanggap terhadap segala situasi, tangkas dalam memetakan masalah dan alternatif solusi, dan sigap dalam mengambil keputusan dan bertindak.

Dengan demikian, syarat-syarat menjadi Presiden Negara Kesatuan Republik Indonesia itu cukup:

  1. Warga Negara Indonesia (boleh ditambahi syarat lahir di Indonesia ataupun sudah menjadi WNI sekian tahun).
  2. Sehat jasmani dan rohani, dalam arti bisa menjalankan tugas kepresidenan sehari-hari
  3. Jujur
  4. Berani
  5. Cerdas.

Syarat pertama dibuktikan dengan KTP dan akta lahir dari catatan sipil. Syarat kedua dibuktikan dengan pemeriksaan kesehatan. Tiga syarat terakhir dibuktikan dengan track record.

Gampang? :)

About these ads