lion masih belum stabil

Beberapa saat setelah OS X Lion resmi dirilis, saya akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah iMac 21.5” dengan kapasitas penyimpanan 500GB. Ini adalah entry level dari kelas iMac yang tersedia saat ini. Tentu saja pembelian ini juga sudah termasuk instalasi OS X Lion.

Beberapa hari pertama sejak saya menggunakan Lion, saya tak pernah menemukan masalah apa pun. Semua aplikasi dan fitur berjalan sempurna. Namun, sejak sekitar seminggu setelah pembelian, masalah mulai muncul yaitu layar tiba-tiba freeze dan saya tak bisa melakukan aksi apapun dengan baik dengan kursor trackpad maupun keyboard. Satu-satunya jalan keluar adalah dengan menekan tombol power untuk mematikan iMac.

Kejadian berikutnya terulang kembali, bahkan hingga 6 – 7 kali sampai tulisan ini ditulis. Kalau saya perhatikan, layar akan freeze kalau saya membuka video YouTube (ini yang paling sering terjadi) dan memainkan video di iPhoto. Biasanya kejadian freeze ini tak langsung muncul, melainkan baru akan terjadi setelah beberapa kali saya memainkan video.

Saya lalu mencoba mencari referensi tentang kejadian ini di beberapa forum di internet, termasuk di forum diskusi di website Apple. Ternyata banyak pengguna OS X Lion yang mengalami hal serupa. Dari apa yang saya baca, solusi sementara adalah mengurangi aktivitas yang berhubungan dengan video maupun Flash sembari menunggu update dari Apple untuk OS X Lion.

Mudah-mudahan Apple bergerak cepat dalam menangani bug ini.

About these ads
lion masih belum stabil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s